Apakah Green Coffee Mengandung Kafein ?

Biji kopi hijau mengandung antioksidan dan komponen farmakologis aktif lainnya. Dua komponen penting Biji kopi hijau adalah Kafein dan Chlorogenic Acid. Chlorogenic Acid ini diyakini sebagai bahan aktif utama pada biji kopi hijau yang berperan untuk menurunkan berat badan. Sayangnya kebanyakan Chlorogenic Acid hilang pada saat kopi dipanggang. Karena alasan ini, kopi biasa tidak memberikan efek yang sama seperti biji kopi hijau.

green coffee juga mengandung kafein dimana beberapa studi menunjukkan bahwa kafein dapat meningkatkan metabolisme hingga 3-11% dan kandungan aktif utama yang menyebabkan itu adalah Chlorogenic Acid.

Studi yang dilakukan pada manusia menunjukkan Chlorogenic Acid dapat mengurangi penyerapan karbohidrat dari saluran pencernaan, sehingga menurunkan kadar gula dalam darah dan terjadi lonjakan insulin. Dengan demikian ekstrak biji kopi hijau dapat memperbaiki metabolisme glukosa dan menurunkan tekanan darah sehingga bermanfaat bagi orang yang menderita penyakit diabetes dan jantung.

Studi yang dilakukan pada tikus menunjukkan bahwa Chlorogenic Acid dapat menurunkan berat badan, mengurangi penyerapan lemak, mengurangi penumpukan lemak di liver dan memperbaiki fungsi hormon pembakar lemak, adiponectin. Chlorogenic Acid juga secara drastis menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida pada tikus dimana dua hal ini adalah faktor resiko untuk penyakit jantung.

Studi juga pernah dilakukan pada manusia atas manfaat ekstrak biji kopi hijau. Salah satu studi melibatkan 30 individu yang kelebihan berat badan dan studi berlangsung selama 12 minggu. Kelompok ini dibagi mejadi 2, kelompok pertama mengkonsumsi kopi instan biasa, sementara kelompok lainnya mengkonsumsi kopi instan yang ditambahkan 200mg ekstrak biji kopi hijau. Kedua kelompok tidak diinstruksikan untuk merubah diet dan kegiatan sehari-hari, artinya mereka tetap mengkonsumsi makanan seperti sebelumnya dan tidak melakukan olahraga tambahan. Grafik di bawah menunjukkan perubahan berat dari 2 kelompok tersebut, dari minggu 1 – 12.

green-coffee-bean-extract-and-weight-loss

Seperti yang bisa dilihat, kelompok yang mengkonsumsi kopi instan ditambah ekstrak biji kopi hijau mengalami penurunan berat badan sebanyak 11.9 pounds (5.4 kg), sedangkan kelompok yang mengkonsumsi kopi instan biasa hanya mengalami penurunan berat badan 3.7 pound (1.7 kg). Persentase lemak tubuh juga berkurang hingga 3.6% untuk kelompok ekstrak biji kopi hijau, dibandingkan 0.7% dari kelompok lainnya.

Dosis yang digunakan dalam studi sebelumnya adalah 120-300 mg Chlorogenic Acid per hari dan direkomendasikan diminum 30 menit sebelum makan. Sampai saat ini belum ditemukan efek samping negatif pada ekstrak biji kopi hijau. Perlu diingat bahwa untuk mendapatkan hasil yang optimal dan bersifat jangka panjang, sangat disarankan selain mengkonsumsi ekstrak Biji Kopi Hijau, perubahan gaya hidup perlu diterapkan bersamaan yaitu mengkonsumsi makanan sehat dan melakukan aktifitas olahraga yang memadai. (baca: efek samping green coffee)

5/5 (1)

Please rate this

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *