Pengertian dan Cara Memakai Stagen yang Benar

By | 15 Agustus 2019

Sebagian besar orang pasti belum tahu apa itu stagen dan bagaimana cara memakai stagen yang benar itu seperti apa. Namun, bila orang sudah melihat stagen itu apa, pasti langsung tahu. Kebanyakan, stagen digunakan di acara-acara adat Jawa khusus untuk putri agar badan bisa terlihat lebih ramping karena penggunaan stagen itu. Ada juga orang yang mengatakannya sebagai kemben.

Stagen adalah kain lilit khas tradisional Jawa, yang memiliki panjang 5 hingga 10 meter dengan lebar 15 cm, warnanya pun berbagai macam. Namun, kebanyakan dari warna stagen adalah merah juga hitam. Cara menggunakan stagenjuga tidak terlalu mudah bagi orang yang baru pertama kali memakainya. Harus membiasakan terlebih dulu, barulah nanti bisa memakai stagen dengan lancar dan benar.

Selain untuk pelengkap baju adat Jawa, cara menggunakan stagen dengan benar bisa digunakan untuk membentuk tubuh untuk kembali langsing dan ideal. Apabila kain stagen dipakai secara rutin. Lihat saja orang-orang yang memakai kebaya dengan lilitan stagen, pasti terlihat lebih anggun dan tubuhnya pun terlihat lebih luwes.

Bagi ibu melahirkan, pemakaian stagen juga sering dilakukan guna mengembalikan kondisi tubuhnya agar lebih baik lagi. Berikut akan kami jelaskan mengenai fungsi dan manfaat stagen beserta cara menggunakannya seperti apa. Ikuti informasi berikut ini!

Fungsi Atau Manfaat Kain Stagen Untuk Tubuh

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, stagen adalah kain yang teksturnya keras dan kaku yang panjangnya 5 hingga 10 meter dengan lebar 15 cm. Sebenarnya, stagen sangat sering digunakan untuk menahan kain lilit yang digunakan pada kebaya adat Jawa agar tidak melorot. Selain itu, memberikan rasa percaya diri pada si pemakai karena dengan menggunakan kain stagen, lekukan tubuh akan terlihat jelas.

Cara memakai stagen dengan benar pun ada tahapannya. Biasanya, pada adat Jawa, stagen dipakaikan oleh seorang penata pengantin, agar bisa dikenakan dengan nyaman hingga membentuk tubuh agar lebih bagus menggunakan kebaya.

Lalu, manfaat lain dari stagen pada saat ini adalah mengecilkan perut. Sebenarnya, stagen fungsinya hampir sama dengan korset. Hanya saja, korset sifatnya lentur sehingga mengikuti bentuk tubuh. Jika stagen, kaku sehingga tubuh kita sendiri yang harus mengikuti lilitan dari kain stagen tersebut.

Dan berikut adalah manfaat stagen yang bisa dimanfaatkan bagi Anda yang sedang dalam proses diet :

  1. Dapat memperlancar program diet Anda. Seperti yang sudah dijelaskan bahwa stagen akan menahan perut kita. Sehingga dengan perut yang ditahan, rasa lapar akan bisa dikendalikan karena tahanan itu. Di adat Jawa, memang stagen selain digunakan sebagai pelengkap baju adat. Fungsi lainnya juga agar para wanita tidak terlalu banyak makan ketika memakai kebaya, sehingga akan terlihat anggun.
  2. Karena sifatnya kaku, cara memakai stagen ini memang agak sulit dan stagen memang dapat membentuk badan. Tetapi bukan stagen yang mengikuti bentuk badan kita. Untuk itulah, jika menggunakan stagen, badan akan menjadi lebih tegap dan membiasakan diri untuk duduk tegap dan tidak membungkuk.
  3. Mengembalikan bentuk perut setelah melahirkan. Ketika baru melahirkan, perut memang bergelambir. Dan untuk menghilangkannya, banyak yang menggunakan stagen untuk mengembalikan perutnya seperti sebelum melahirkan. Namun, ingat, jangan terlalu kencang apalagi bagi yang melahirkan secara sesar.

Cara Menggunakan Stagen dengan Benar agar Nyaman

Setelah kita tahu manfaat dari stagen tersebut, pasti kalian tertarik dan ingin tahu bagaimana cara memakai stagen yang benar. Karena kebanyakan dari kalian, jika menggunakan stagen ketika memakai pakaian adat Jawa atau kebaya. Nah, berikut adalah cara pemakaiannya :

  1. Pertama, buka gulungan stagen tersebut hingga terlepas semuanya dan memanjang.
  2. Letakkan ujungnya pada perut Anda, lebih jelasnya berada tepat di bawah dada, lalu mulailah mengitari keseluruhan pinggang Anda.
  3. Jangan hanya di perut. Anda bisa mengitarinya hingga pangkal pinggang agar bisa nyaman.
  4. Agar tidak pegah selama memakai stagen, diharapkan jangan terlalu kencang mengikatnya.
  5. Pakailah secukupnya, jangan terlalu lama.

Kini, setelah Anda mengetahui manfaat dari kain stagen, apakah sudah berminat untuk ikut memakainya? Ikuti cara memakai stagen dengan benar yang sudah dicontohkan di atas dan dapatkan tubuh yang langsing serta ideal.

Baca Juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *