Cara Menghitung Berat Badan Ideal Untuk Semua Orang

By | 20 Agustus 2019

Semua orang bisa mengetahui cara menghitung berat badan ideal dengan beberapa rumus yang sudah ditetapkan. Berat badan ideal adalah hal penting bagi semua karena bukan hanya memperindah bentuk tubuh, namun juga berpengaruh besar pada kesehatan semua organ dan sistem kesehatan tubuh.

Banyak wanita menginginkan berat badan ideal bagi tubuhnya, namun tidak banyak orang tahu persis berapa berat badan ideal untuk diri mereka sendiri. Tak pelak kategori ideal pun terbilang terlalu kurus karena acuannya asal-asalan dengan melihat model-model kecantikan ternama di televisi dan internet.

Padahal, ada cara menghitung berat badan ideal wanita yang benar dan harus Anda pahami. Memiliki berat badan ideal tidak hanya mempercantik penampilan, namun juga berpengaruh besar bagi kesehatan. Di bawah ini ada beberapa cara akurat menghitung berat badan ideal untuk pria dan wanita. Anda juga akan diberikan informasi seputar berat badan ideal anak bayi, anak kecil, dan ibu hamil.

Rumus Menghitung Berat Badan Ideal yang Simple

Sebelum memahami rumusnya, Anda harus paham dulu bahwa kategori ideal bukan berarti membandingkan bobot tubuh Anda dengan teman, tetangga, keluarga, atau saudara. Tiap orang memiliki kriteria idealnya tersendiri, bergantung dari berapa tinggi tubuh setiap masing-masing orang.

Sederhananya, rumus menghitung berat badan ideal bagi pria maupun wanita bisa ditentukan dari berat normal dalam hitungan kilogram harus sama dengan ukuran tinggi badan dalam bentuk sentimeter. Tidak berhenti sampai di sana, hasil pengurangan tersebut harus dikurangi lagi dengan angka 100.

Ibaratnya, jika tinggi tubuh Anda 159 sentimeter, maka berat badan ideal yang harus Anda miliki semestinya ada di angka 59 kilogram. Komposisi berat badan pada pria jauh akan didominasi oleh otot, sementara komposisi berat badan pada wanita sebagian besarnya dipengaruhi oleh kandungan lemak.

Rumus BMI dan Broca untuk Menghitung Berat Badan

Rumus berat badan ideal di atas adalah rumus sederhana, sekarang kalau kita aplikasikan pada rumus broca dan BMI, cara hitungnya tak sama. Contoh, untuk perhitungan berat badan ideal dengan metode BMI, satuan berat badan harus dalam takaran kilogram dan tinggi badan dalam ukuran meter kuadrat.

Contoh, berat badan Anda normal jika memiliki bobot 70 kg dengan tinggi tubuh 160 cm atau 1,60 meter. 1,60 x 1,60 sama dengan 2,56, kemudian selanjutnya bagi bobot tubuh sebesar 70 kg dengan 2,56 hasilnya 23,4. Skala 2,34 pada kategori berat ideal menurut WHO adalah berat badan ideal.

Baca Juga: Inilah Tabel Daftar Berat Badan Ideal dari Kemenkes RI

Berbeda jika menggunakan rumus broca, jika pria memiliki tinggi 180 cm, maka berat idealnya sama dengan (180 – 100) – (10% x (180 – 100)) = 80-8 = 72 kg. Maka seharusnya berat badan ideal untuk pria dengan tinggi 180 cm adalah sebesar 72 kg. Itu cara menghitung berat badan ideal pria dengan rumus broca.

Berat Badan Ideal Anak dan Ibu Hamil

Dalam beberapa kondisi dan untuk beberapa orang, menghitung berat badan memiliki beberapa metode. Misal, untuk anak bayi yang baru berusia 0 sampai 12 bulan maka cara menghitungnya adalah, misal untuk bayi  7 bulan: (7:2) ditambah dengan 4 maka seharusnya bobot normalnya adalah 7,5 kg.

Berbeda lagi cara menghitung berat badan ideal untuk anak usia 1 sampai 10 tahun, rumusnya 2n ditambah 8. Jika diaplikasikan untuk anak berusia 7 tahun 6 bulan maka didapatkan cara menghitung: (2 x 7,5) ditambah 8 sama dengan 23 kilogram. Otomatis bobot normalnya ada di angka 23 kilogram.

Terakhir, cara menghitung berat badan untuk ibu hamil bisa diterapkan dengan cara menjumlahkan berat badan ideal ditambah usia kehamilan dan dikali 0,35. Misal, usia kehamilannya 20 minggu dan berat badan ideal di angka 51, maka rumusnya adalah 51 ditambah 20 kali 0,35 hasilnya 58 kilogram.

Perumusan hitung berat badan normal untuk berbagai kondisi dan jenis kelamin berbeda-beda, referensi di atas bisa menjadi metode tepat untuk menentukan berat badan ideal Anda. Jangan terdoktrin dengan lebih kurus lebih bagus karena nyatanya terlalu kurus pun tidak baik bagi kesehatan. Itulah gunanya penjabaran rumus menghitung berat badan ideal menempati peranan yang penting.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *