Menu Diet Tanpa Nasi Ampuh Menurunkan Berat Badan

By | 20 September 2019

Diet tanpa nasi sebenarnya merupakan salah satu opsi saja dari beragam cara diet ampuh yang bisa membuat bobot tubuh ke angka ideal. Ada banyak metode diet yang bisa dilakukan, diantaranya hanya memakan sayuran, diet gluten, diet rendah lemak, dan trik menjaga pola makan sehat yang lainnya.

Meskipun demikian, diet makanan apa pun yang dilakukan tidak akan bekerja secara maksimal jika tidak mengimbangi dengan olahraga dan pola tidur yang sehat. Pikiran juga harus diolah agar tidak mudah tersugesti dengan berbagai asumsi orang untuk segera menurunkan berat badan dengan cara instan.

Nasi sebenarnya merupakan makanan pokok yang jika dikonsumsi dengan porsi tepat tentu memberikan asupan bagus untuk tubuh. Hakikatnya 100 gram nasi itu mengandung 129 kalori, 27,9 gram karbohidrat, 2,66 gram protein, dan sebanyak 0,28 gram lemak untuk tubuh manusia.

Hanya saja permasalahannya adalah kenapa diet tidak makan nasi itu dianggap ampuh menurunkan berat badan karena tidak jarang orang mengonsumsi nasi berlebihan. Alasannya karena nasi hangat itu nikmat atau sekadar mendapatkan lauk yang menambah nafsu makan sehingga makan pun berlebihan.

Mengonsumsi nasi berlebihan tentu tidak bagus, tapi sama sekali tidak memasok tubuh dengan nasi atau makanan pengganti lainnya juga tidak baik. Di bawah ini ada beberapa cara yang bisa Anda tiru untuk tetap mendapatkan energi dari tidak mengonsumsi nasi, tapi menggantinya dengan  hal lain.

Trik Berhasil Diet Tidak Mengonsumsi Nasi

Pertama, hal yang harus dipahami oleh seluruh orang Indonesia adalah nasi memang makanan pokok, tapi bukan berarti tidak bisa digantikan. Ada banyak sumber karbohidrat lainnya, seperti roti gandum, nasi merah, oatmeal, singkong, jagung, kentang, dan sebagainya dengan kandungan gula lebih rendah.

Kedua, Anda bisa menerapkan menu diet tanpa nasi lainnya dengan membuat menu diet selama beberapa hari untuk membuat variasi dan supaya tubuh juga tidak bosan. Anda bisa bebas membuat menu apa saja, asalkan tidak melibatkan nasi di dalamnya. Misal, mengganti nasi dengan roti saja.

Baca Juga: Manfaat Resep Jus Pelangsing Untuk Mendapatkan Berat Badan Ideal

Berikutnya, Anda juga bisa berhasil menurunkan berat badan tanpa melibatkan nasi dengan cara menghindari ngemil. Ngemil yang sehat sebenarnya sah-sah saja, tapi kalau makanan camilannya tidak sehat dan dikonsumsi ketika malam, itu permasalahannya. Tidak pelak tubuh pun akan mudah melar.

Keempat, cara berdiet yang berhasil dengan menghindari nasi adalah mengurangi asupan gula dari berbagai sumber makanan. Tidak perlu memaksakan diri dengan segera mengonsumsi yang tawar, Anda bisa memulainya dengan bertahap. Kurangi sesendok demi sesendok gula pada makanan dan minuman.

Terakhir, yang tak kalah penting dari keberhasilan penerapan diet tanpa nasi adalah rutin melakukan olahraga. Olahraga sudah tidak bisa ditawar lagi sebagai cara ampuh untuk menurunkan berat badan serta membuat tubuh lebih fit, berenergi, dan memberikan dampak yang bagus untuk otot Anda.

Sumber Karbohidrat Pengganti Nasi

Takut tidak mengonsumsi nasi malah tubuh menjadi lemas tidak berenergi? Jangan khawatir karena sumber karbohidrat itu bukan hanya nasi. Anda bisa berdiet dengan mengonsumsi sumber karbohidrat lain. Misal, ganti nasi putih dengan mengonsumsi nasi merah untuk mendapatkan energi.

Kedua, Anda juga bisa berhasil melakukan diet tidak makan nasi dengan menggantikan nasi dengan roti gandum secara utuh. Maksudnya roti itu ada roti gandum dan roti dari tepung biasa, akan lebih bagus jika Anda menggantikan nasi dengan 100% kandungan gandum pada roti sebagai makanan pokok.

Berikutnya, diet nasi juga bisa berhasil dengan upaya mengganti sumber karbohidrat dengan konsumsi oat. Oat ini sebenarnya sama dengan gandum, tapi proses pembuatannya saja tidak dijadikan roti. Oat memiliki ragam manfaat untuk mencegah kolesterol tinggi, penyakit jantung, dan serangan diabetes.

Keempat, asupan energi yang bisa menggantikan nasi adalah kentang. Kentang merupakan jenis umbi-umbian yang bisa diolah dengan berbagai cara. Anda bisa mengolahnya menjadi massed potato, kentang rebus, atau juga dengan menjadikan kudapan satu ini sebagai kentang goreng, tapi jangan banjir minyak.

Baca Juga: Pentingnya Jam Makan Untuk Diet Agar Memiliki Tubuh Ideal

Berbagai pilihan pengganti karbohidrat di atas sebenarnya merupakan beberapa opsi saja untuk membuat diet tanpa nasi berhasil. Di samping itu Anda masih bisa mencari tahu menu diet lainnya lagi yang tentunya tidak akan mengurangi pasokan energi kepada tubuh hanya karena tidak konsumsi nasi.

Keuntungan Berdiet Nasi

Beragam cara diet bisa dilakukan di samping dari menghentikan konsumsi nasi, namun pun demikian, ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan ketika Anda memilih berhenti mengonsumsi nasi. Keuntungan pertama sudah pasti nafsu makan berkurang sebab tubuh mulai membiasakan diri.

Keuntungan kedua kalau nafsu makan sudah berkurang, otomatis selanjutnya berat badan juga berkurang. Memilih menu diet tanpa nasi membuat tubuh tidak mendapatkan asupan atau dorongan hormon yang meningkatkan rasa lapar. Sehingga dengan demikian bobot tubuh lebih cepat berkurang.

Keuntungan selanjutnya dari berhenti mengonsumsi nasi adalah konsentrasi dan tenaga justru meningkat. Ini tentu bisa terjadi kalau Anda mengganti asupan energi dari nasi dengan sumber karbohidrat lainnya. Sebab tubuh memang membutuhkan lemak untuk diolah menjadi energi baik.

Lain hal ketika Anda berhenti makan nasi, tapi juga tidak menggantikannya dengan sumber asupan lain. Sudah pasti dampak yang akan dirasakan adalah tubuh merasa lelah. Tubuh yang tidak berenergi tidak akan baik karena akan menghambat beragam aktivitas dan juga mendatangkan beragam penyakit.

Hal yang juga salah dengan tidak menerapkan menu diet tanpa nasi dengan baik adalah Anda akan kesulitan tidur di malam hari. Ini pentingnya membekali diri dengan pengetahuan yang cukup, di samping hanya menginginkan proses yang ampuh untuk menurunkan berat badan dengan akurat.

Mitos Tentang Nasi yang Harus Diluruskan

Mengurangi atau bahkan menggantikan nasi dengan sumber karbohidrat lain memang bagus untuk menurunkan berat badan. Tapi, yang mesti dipahami adalah tidak semua mitos tentang nasi itu benar. Pertama, mitos bahwa nasi putih sekonyong-konyong bisa membuat tubuh gemuk dengan cepat.

Kegemukan memang bisa saja terjadi apabila konsumsi nasi berlebih ditambah lagi tubuh tidak bergerak sama sekali atau tidak berolahraga. Masalah utama kegemukan adalah tidak seimbangnya kandungan berbagai zat dalam tubuh sehingga membuat tubuh tidak hanya gemuk, tapi mudah lelah saat aktivitas.

Baca Juga: Green Coffee Pelangsing Terbukti 100% Ampuh

Mitos kedua, konon nasi bisa membuat diabetes sehingga tidak makan nasi itu dianggap perlu dalam melakukan diet. Diet tidak mengonsumsi nasi memang perlu bagi yang sudah terlanjur diabetes. Tapi, faktanya bukan nasi penyebab diabetes, melainkan kembali lagi ke gaya hidup masing-masing orang yang over makan manis.

Mitos selanjutnya mengatakan bahwa nasi itu tidak mengandung nutrisi penting. Hal ini seratus persen salah karena tentu ada kandungan bermanfaat bagi tubuh dari dalam nasi. Apa pun permasalahannya sebenarnya kembali ke diri sendiri, sudah benar atau belum dalam mengontrol asupan makanan. Demikian berbagai fakta yang bisa dipelajari sebelum memutuskan untuk diet tidak makan nasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *