Pentingnya Jam Makan Untuk Diet Agar Memiliki Tubuh Ideal

By | 17 September 2019

Diterapkannya jam makan untuk diet merupakan salah satu cara yang bisa diterapkan agar program diet atau menurunkan berat badan bisa berhasil secara maksimal. Bisa jadi semua upaya sudah dilakukan, seperti berolahraga, mengatur pola makan, dan juga mengurangi asupan nasi putih untuk tubuh.

Namun, diet belum juga berhasil. Bisa jadi kendalanya karena Anda belum menerapkan pola jam makan yang tepat. Keberhasilan diet bukan hanya ditentukan dari seberapa ampuh setiap orang memilah menu makanan sehat, namun juga ditentukan dari seberapa akurat pemilihan waktu ketika makan.

Kebutuhan asupan makanan pada setiap orang sebenarnya tidak seragam, artinya bisa jadi waktu makan pun tidak sama. Hanya saja, tiap orang harus memiliki kontrol supaya tetap mendapatkan tubuh ideal walaupun rutin makan. Sebab makan tentu saja perlu untuk memberikan asupan energi tubuh.

Jangan juga karena terpatok pada jadwal jam makan untuk diet sehingga Anda sama sekali tidak makan seharian penuh. Hal ini merupakan cara yang salah karena alih-alih menurunkan berat badan dengan sehat, justru Anda akan mengurangi asupan energi yang semestinya dibutuhkan oleh tubuh sendiri.

Jadwal Makan Tepat untuk Orang Diet

Menginginkan berat badan ideal adalah hal lumrah, namun pastikan juga Anda tidak mengabaikan sinyal tubuh ketika membutuhkan asupan energi. Ada beberapa jadwal jam makan untuk orang yang sedang berdiet dan dipercaya bisa ampuh menurunkan berat badan. Beberapa jadwal itu ada di bawah ini.

Baca Juga: Bingung Cara Diet OCD Untuk Pemula? Begini Langkahnya!

Pertama, mulai jadwal makan untuk diet dari mulai sarapan yang tidak melebihi jam 9 pagi. Setelah tidur selama kurang lebih 7 jam, tubuh sesungguhnya membutuhkan asupan energi baik. Sehingga sekitar satu sampai dua jam setelah bangun, Anda harus segera mengamunisi tubuh dengan asupan makanan.

Berdiet bukan sama sekali artinya tidak bisa makan camilan, Anda tetap bisa makan camilan sehat. Asalkan mengonsumsi camilannya dilakukan setelah kurang lebih 4 jam pasca sarapan. Adalah hal lumrah jika perut memberikan sinyal lapar, jangan dibiarkan tapi isi dengan makanan ringan sehat saja.

Makan siang juga patut dilakukan seperti biasa saja, artinya ketika jam kantor sudah menunjukkan waktu istirahat, Anda bisa langsung bergegas makan. Meskipun sebelumnya sudah makan camilan, makan siang itu penting. Malah bisa jadi porsi Anda berkurang karena sudah memakan camilan dulu.

Jadwal makan untuk orang diet berikutnya bisa dilanjutkan dengan mengonsumsi camilan yang tentunya sehat saat sore hari. Ini penting untuk mengganjal perut terutama ketika Anda belum selesai beraktivitas, seperti bekerja. Makan camilan sore hari juga bisa menekan nafsu saat makan malam tiba.

Diet 8 Jam yang Tepat

Diet sah-sah saja dilakukan asalkan dijalani dengan pola yang tepat dan sehat. Dari sekian banyak cara menurunkan berat badan, diantaranya ada yang mengungkapkan bahwa libur makan 8 jam itu ampuh untuk mendapatkan tubuh ideal. Hal tersebut akurat menurunkan berat badan asal benar aplikasinya.

Baca Juga: Terbukti, Panduan Diet DEBM Yang Benar Tanpa Merusak Kesehatan

Jangan lakukan diet 8 jam secara semerta-merta, melainkan coba mulai jadwal makan untuk diet dengan mengonsumsi teh hijau saat bangun tidur. Konon, konsumsi teh hijau ini bisa mengembalikan sistem metabolisme tubuh yang dipakai selama beberapa jam saat Anda tertidur pulas ketika malam hari.

Pemilihan menu sarapan yang baik juga bisa mendukung terlaksananya pencapaian berat badan yang ideal. Anda bisa memilih menu sarapan berupa roti gandum dan telur. Tutup menu sarapan Anda dengan memilih smoothies pisang untuk menambah energi selama seharian beraktivitas nantinya.

Ketika menerapkan jadwal jam makan untuk diet, Anda juga harus memperhatikan camilan apa yang bisa mengganjal perut sembari menunggu jam makan siang. Sebagai opsi camilan sehat, Anda bisa memilih buah dengan kandungan air yang banyak supaya tubuh tetap segar berenergi selama menunggu makan.

Selepas makan siang selesai, Anda bisa mengonsumsi camilan sehat lainnya ketika sore hari, seperti yogurt, apel, jeruk, atau juga roti gandum. Nanti ketika makan malam tiba maka cobalah buat menu makan malam dari sup ayam, roti gandum pengganti nasi, dan jus buah segar untuk energi tubuh.

Jadwal Sarapan, Makan Siang, Makan Malam untuk Orang Diet

Jadwal makan untuk orang diet akan sangat terasa dampaknya untuk penurunan berat badan jika dilakukan secara rutin. Kedisiplinan memang dibutuhkan untuk memperoleh bobot tubuh ideal yang diinginkan. Artinya, Anda tidak bisa semerta-merta dapat tubuh ideal kalau tidak bisa disiplin.

Upaya menurunkan berat badan bukan berarti melewatkan sarapan supaya penurunan berat badan cepat terlaksana. Anda justru harus tetap sarapan dengan jadwal sarapan dari pukul 6.00 sampai 9.45 pagi. Usahakan jangan lewat dari jam yang ditentukan supaya diet berhasil dilakukan dengan optimal.

Kedua, kesibukan memang bisa menjadi alasan untuk tertundanya berbagai hal, tapi jangan pernah melewatkan makan siang lebih dari jam 3. Orang yang melewatkan makan siang karena alasan apa pun dan justru akan lebih rentan bertambah berat badan karena nantinya rasa lapar lebih hebat dirasakan.

Ketiga, jam makan untuk orang diet ketika malam tiba juga harus diperhatikan, yakni usahakan tidak melebihi pukul 21.00 malam. Salah satu tantangan terberat ketika berdiet adalah mengindari godaan makan malam yang melebihi jam 9 malam karena dideranya rasa lapar berlebihan saat tengah malam.

Baca Juga: Harga Green Coffee Asli Terbaru di Indonesia

Hal terpenting lainnya adalah ketika menunggu waktu makan malam, Anda bisa saja mengonsumsi camilan 2 sampai 4 jam setelah waktu makan siang selesai. Hanya saja yang mesti diperhatikan adalah camilan apa yang dikonsumsi. Kalau bisa dan mesti dibiasakan adalah pemilihan camilan yang sehat.

Godaan yang Harus Dihindari Saat Diet

Tantangan terbesar dari melakukan program diet adalah menghilangkan kebiasaan buruk yang membuat berat badan bertambah. Padahal, keberhasilan diet itu ditentukan dari diri sendiri. Pastikan diri Anda menghindari berbagai kebiasaan buruk, seperti mengemil tepat sebelum jam makan datang.

Tantangan kedua yang mesti diterapkan ketat ketika sedang menjalani jadwal jam makan untuk diet adalah tidak berolahraga setelah makan. Bukan berarti Anda tidak diperkenankan berolahraga, hanya saja perhatikan jeda atau perbedaan waktu yang tepat jika ingin membakar lemak setelah makan.

Tantangan berikutnya yang kerap menjadi salah paham adalah melewatkan waktu makan agar cepat turun berat badan. Langkah ini sepenuhnya salah karena tubuh siapa pun membutuhkan asupan makanan di waktu-waktu yang sudah ditentukan. Jangan melewatkan waktu makan, apalagi sarapan.

Berikutnya yang justru tidak boleh dilakukan ketika berdiet adalah menghilangkan zat tertentu yang justru dibutuhkan tubuh. Konon berhenti mengonsumsi nasi itu bagus untuk menurunkan berat badan. Hal tersebut betul adanya tapi jangan menghilangkan sumber karbohidrat untuk tubuh. Anda boleh berhenti mengonsumsi nasi, tapi coba ganti dengan sumber lain, seperti kentang atau gandum.

Dengan memperhatikan jadwal makan yang tepat secar rutin, niscaya tubuh akan lebih terasa segar dan bobot tubuh pun otomatis berkurang. Pastikan saja jam makan untuk orang diet sudah tepat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *