Pilihan Makanan Untuk Menurunkan Berat Badan Berlebih

By | 23 Agustus 2019

Mengonsumsi makanan untuk menurunkan berat badan tidak hanya memiliki tujuan memperindah tubuh, namun juga demi mendapatkan kesehatan seluruh tubuh. Berat badan berlebih bukan hanya merusak penampilan, namun juga berpotensi besar untuk membuat tubuh lebih tidak sehat.

Pasalnya tumpukan lemak berlebih bisa menjadi berbagai sumber penyakit, mulai dari kolesterol sampai kesulitan hamil bagi perempuan. Namun, keinginan untuk menurunkan berat badan juga harus seimbang dengan usaha baik yang dilakukan. Jangan sampai usaha tersebut merusak kesehatan tubuh.

Membatasi asupan makanan merupakan poin penting, namun kalau sampai stress dan kesulitan ketika hendak memakan apa pun, hal tersebut tidak normal. Setiap manusia membutuhkan asupan makanan untuk mengisi tenaga, demikian juga sekalipun makanan untuk menurunkan berat badan yang dipilih.

Makan adalah kebutuhan, namun makan berlebih dan makanan tidak tepat lah yang membantu melonjakkan berat badan. Untuk itu, penting memerhatikan pola makanan ke tubuh. Siapa bilang orang diet tidak bisa mengonsumsi makanan enak?

Baca Juga: Perbedaan Lemon dan Jeruk Nipis yang Sulit Diidentifikasi

Hal tersebut tidak benar karena makanan enak tetap bisa dikonsumsi dalam porsi wajar. Di bawah ini ada beberapa pilihan makanan enak yang bisa menjadi sarana menurunkan berat badan. Apa saja? Berikut ulasannya.

Makanan yang Bagus untuk Menurunkan Berat Badan

Dark chocolate dengan kakao melebihi 70% merupakan salah satu makanan untuk diet yang bisa Anda pilih. Mindset coklat sebagai kudapan yang bisa menambah kalori sebenarnya tidak benar, asalkan tidak dicampur dengan bahan lain, seperti susu. Kalau tujuannya diet, Anda bisa makan dark chocolate.

Kentang rebus ketika dingin lebih banyak mengandung pati resistant yang bermanfaat untuk penurunan berat badan. Kentang bisa menjadi salah satu makanan yang membantu menurunkan berat badan di samping kandungan karbohidrat di dalamnya. Tidak ada nasi, Anda bisa menggantinya dengan kentang.

Makanan untuk diet berikutnya adalah telur ketika sarapan. Hal yang lumrah, sebab telur bisa dikonsumsi siapa saja ketika sarapan. Telur memiliki beragam kandungan bermanfaat, seperti tinggi protein, lemaknya sehat, dan kalori rendah sehingga membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

Buah dikabarkan bisa memberikan dampak yang bagus bagi tubuh asalkan dikonsumsi sebelum makan. Hal tersebut benar adanya bila Anda mengonsumsi apel atau pir sebelum makan berat. Kandungan serat dan lainnya dari kedua buah tersebut membuat Anda kenyang lebih lama dan menekan nafsu makan.

Yogurt, termasuk makanan lezat yang bisa menggantikan camilan bagi Anda, para pejuang untuk menurunkan berat badan. Jenis greek yogurt merupakan pilihan tepat untuk membantu proses diet dan kandungan bermanfaat di dalamnya juga bisa membuat kesehatan pencernaan Anda menjadi lebih baik.

Kebiasaan yang Membantu Menurunkan Berat Badan

Bukan hanya harus jeli dalam memilih makanan untuk diet sehat, Anda juga harus mengimbangi proses diet tersebut dengan kebiasaan hidup yang sehat. Kebiasaan sederhana pertama yang bisa Anda aplikasikan adalah memulai hari dengan segelas air perasan lemon yang dicampur dengan air hangat.

Kedua, penting dan klasik, namun tak jarang enggan dilakukan karena malas untuk menurunkan berat badan adalah berolahraga teratur. Olahraga yang teratur tidak hanya bisa memberikan dampak badan bagus, namun juga memberikan kesehatan fisik yang baik. Asalkan olahraganya tidak berlebihan saja.

Ketiga, bukan hanya harus pintah memilih makanan untuk diet sehat, Anda juga harus memikirkan mulai mengurangi karbohidrat sehari-hari. Mulailah ganti asupan karbohidrat Anda, seperti sumbernya dari nasi dengan sumber protein dari sayuran. Anda bisa mengganti nasi dengan kentang untuk karbohidrat.

Memilah makanan saja belum cukup sebab Anda harus melakukan kegiatan lebih penting, yakni memiliki pola tidur yang sehat. Contoh sederhananya saja dari tidak memiliki pola tidur sehat adalah tengah malam Anda akan mudah terserang lapar, sehingga akhirnya makan malam dan langsung tidur.

Terakhir, siapa bilang orang diet harus melewatkan sarapan di pagi hari? Hal tersebut sama sekali tidak benar karena sarapan adalah sumber energi untuk menjalani hari. Jadi, kalau Anda mau berdiet, sebaiknya tidak meninggalkan sarapan supaya di siang hari tidak memiliki nafsu makan yang berlebihan.

Buah sebagai Asupan Bergizi Ketika Diet

Apakah Anda penyuka buah? Jika ya, maka ini kabar baik untuk Anda sebab buah bisa menjadi salah satu makanan untuk menurunkan berat badan yang lezat. Apel, merupakan salah satu buah tersebut. Apel memiliki kandungan rendah kalori dan tinggi serat sehingga Anda tetap bisa bertenaga meski berdiet.

Baca Juga: Waspada, Berikut Jenis Makanan yang Harus Dihindari Saat Diet

Buah berikutnya yang bisa dimanfaatkan sebagai penyempurna proses diet adalah semangka. Buah yang kaya air ini memberikan asupan energi cukup dan mengenyangkan untuk tubuh. Bukan hanya bagus untuk diet, namun juga bisa menjadi obat bagi Anda yang terkadang dehidrasi karena kurang cairan.

Ketiga, buah yang bisa dijadikan makanan untuk menurunkan berat badan selanjutnya adalah kiwi. Kandungan seratnya bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Kiwi juga memiliki kadar gula yang tidak banyak sehingga bagus untuk proses pengobatan orang-orang dengan penyakit gula darah.

Buah lainnya yang bisa membantu proses penurunan berat badan adalah melon. Buah ini nyaris sama seperti semangka, yakni memiliki kandungan air lebih banyak sehingga bagus juga untuk mencegah dehidrasi. Kandungan kalori dalam melon juga rendah, jadi meskipun kenyang, tapi kalori tidak berlebih.

Pisang, sudah bukan buah yang aneh jika dibilang bisa menurunkan berat badan. Banyak orang mengganti menu sarapan mereka dengan pisang guna mendapatkan bobot tubuh ideal. Kandungan bermanfaat dalam pisang bukan hanya bisa menurunkan berat badan, namun mengatur gula darah.

Benarkah Puasa Bisa Menjadi Sarana Diet Sehat?

Memerhatikan pola makanan untuk diet sehat adalah hal penting, namun Anda juga harus tahu kebiasaan lain di luar memilih makanan yang bisa membantu menurunkan berat badan. Contoh, kebiasaan berpuasa konon disebut-sebut sebagai alternatif penurunan berat badan yang bagus.

Benarkah demikian? Berpuasa seyogyanya merupakan kewajiban bagi setiap muslim selama 30 hari dalam satu tahun. Puasa sendiri memang faktanya bisa menjadi detoksifikasi tubuh dengan pengaturan kadar kolesterol, kendali terhadap tekanan darah, dan kontrol terhadap kadar insulin tubuh yang baik.

Ketika berpuasa, dari mana energi untuk menjalankan aktivitas didapatkan? Jawabannya energi didapatkan dari kandungan glukosa pada hati dan juga otot. Ketika tidak ada asupan makanan, tubuh mulai memproduksi lemak yang diubah menjadi energi sehingga Anda tetap bisa beraktivitas normal.

Tidak sedikit orang yang salah kaprah dengan melampiaskan nafsu makan ketika berbuka puasa dan tidak sahur. Padahal, makan sahur adalah hal penting karena bisa menjadi sumber energi selama seharian tidak mengonsumsi makanan. Ketika berbuka pun tidak disarankan makan makanan berlebih.

Mendapatkan berat badan ideal adalah impian semua orang, terutama kaum wanita. Tidak heran jika tidak sedikit pula permasalahan pada wanita adalah ketakutan berat badan naik. Tapi, kalau takut saja dan tidak diimbangi dengan pola makanan untuk diet, hal tersebut sama sekali tidak membantu apa-apa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *