Manfaat Cuka Apel untuk Menurunkan Berat Badan

Cuka sari apel adalah salah satu jenis cuka yang lebih umum yang diproduksi di seluruh dunia. Ini disebut-sebut sebagai obat kesehatan alami, dengan sejumlah manfaat kesehatan yang disarankan. Beberapa klaim kesehatan ini memiliki potensi, dengan penelitian kecil untuk mendukungnya. Namun, yang lain, tidak memiliki bukti validitasnya.

Dalam artikel ini, kami menyelidiki klaim bahwa mengonsumsi cuka sari apel dapat membantu menurunkan berat badan.

Bukti dan studi
Bisakah minum cuka sari apel membantu seseorang menurunkan berat badan? Jawabannya mungkin ya, tetapi itu tidak terbukti.

Klaim penurunan berat badan di sekitar cuka sari apel mungkin berasal dari beberapa penelitian kecil, terutama pada hewan. Meskipun demikian, penelitian ini menunjukkan beberapa kemungkinan manfaat cuka sari apel dan dapat membuka pintu untuk penelitian lebih lanjut.

Pengurangan lemak tubuh
Asam asetat, senyawa yang ditemukan dalam cuka sari apel, telah dikutip dalam beberapa penelitian sebagai bahan aktif yang membantu menurunkan berat badan.

Sebuah studi dalam Bioscience, Bioteknologi, dan Biokimia menemukan bahwa tikus yang diberi asam asetat kurang mungkin untuk mendapatkan lemak tubuh.

Tikus yang diberi asam asetat memiliki pengeluaran energi yang lebih tinggi, asupan oksigen, dan membakar lebih banyak lemak untuk energi daripada yang diberikan hanya air. Para penulis menyatakan bahwa ini menunjukkan asam asetat dapat membantu menekan penumpukan lemak tubuh.

Artikel serupa di jurnal yang sama menemukan bahwa mengonsumsi cuka memang membantu mengurangi lemak tubuh, meskipun pengurangannya kecil. Penelitian ini menggunakan 155 orang yang dianggap obesitas dengan indeks massa tubuh (BMI) dari 25-30.

Selama 12 minggu, tiga kelompok diberi 15 mililiter (ml) cuka, 30 ml cuka, atau plasebo. Secara keseluruhan, mereka yang mengonsumsi 15 atau 30 ml cuka memiliki berat badan yang lebih rendah, pinggang yang lebih kecil, dan sedikit lemak perut dibandingkan mereka yang tidak memiliki cuka.

Merasa kenyang
Sebuah penelitian di European Journal of Clinical Nutrition mengamati bagaimana glukosa, insulin, dan perasaan kenyang berbeda pada mereka yang mengonsumsi asam asetat dibandingkan mereka yang tidak. Dua belas orang diberi tiga tingkat cuka yang berbeda dengan asam asetat setelah makan sebagian dari roti putih. Kelompok lain diberi roti tanpa cuka.

Para penulis menemukan bahwa orang-orang yang menerima dosis asam asetat tertinggi memiliki gula darah dan insulin yang lebih rendah setelah makan roti daripada kelompok lain. Mereka juga menemukan bahwa semakin tinggi dosis asam asetat, semakin penuh perasaan para partisipan.

Para penulis menyarankan bahwa produk fermentasi dan acar yang mengandung cuka dengan asam asetat dapat membantu orang merasa lebih kenyang dan menurunkan respons gula darah setelah makan.

Baca Juga: Manfaat Air Jeruk Nipis untuk Menurunkan Berat Badan dalam Waktu Cepat 

Cara Menggunakan Cuka Apel untuk Diet

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menambahkan asam cuka kedalam menu diet anda. Cara yang sangat mudah adalah menambahkan asam cuka dengan olive oil sebagai dressing salad. Komposisi ini sangat lezat dengan sayuran, timun dan tomat.

Asam cuka juga dapat ditambahkan kedalam acar, atau anda juga dapat mencampurnya dengan air lalu meminumnya. Jumlah cuka apel yang dibutuhkan untuk menurunkan berat badan ada 1 hingga 2 sendok makan per hari dan dicampur dengan air.

Sangat baik apabila ditambah menjado 2 hingga 3 dosis per hari dan sangat baik untuk dikonsumsi sebelum makan. Mengkonsumsi lebih dari dosis tersebut tidak disarankan karena dapat menimbulkan efek yang berbahaya. Sangat dianjurkan untuk memulainya dengan satu sendok makan dan lihat perbedaan yang ditimbulkan.

Jangan mengkonsumsi lebih dari satu sendok makan, karena mengkonsumsi terlalu banyak dapat mengakibatkan nausea.

Meskipun mengkonsumsi cuka apel dalam bentuk tablet terlihat menjanjikan, tetapi hal ini tidak benar adanya. Contohnya, setelah mengkonsumsi cuka apel dalam bentuk tablet, wanita yang sakit tenggorakan menemukan tablet tersebut bersarang di esophagusnya.

Kesimpulan: Sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi 1 hingga 2 sendok makan asam cuka per hari untuk mengurangi berat badan. Sangat dianjurkan untuk mencampurnya dengan air lalu meminumnya.

Itulah tadi  manfaat dan cara menurunkan berat menggunakan cuka apel agar Anda bisa sukses menjalankan diet dan tidak gampang menyerah dan berhenti di tengah jalan.

Jika anda ingin lebih cepat lagi mencapai hasil memuaskan dalam diet Anda dengan cara yang mudah dan tetap enjoy, Anda bisa melengkapi program diet Anda dengan rutin konsumsi kopi hijau atau green coffee.

 >> Anda bisa dapatkan kopi hijau terbaik dari Berkah Green Coffee disini.

Categories: Tips & Informasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *