Ini Dia Manfaat dan Efek Samping Memakai Korset

By | 16 Agustus 2019

Manfaat memakai korset memang sudah umum dan banyak diketahui, khususnya bagi kaum hawa. Mereka sengaja memakai korset dalam kehidupan sehari-hari untuk mendapatkan tubuh yang ideal dan juga langsing. Banyak dari mereka yang memfungsikan korset sebagai alat pembakar lemak yang efektif dan cepat, sehingga dapat memberikan tubuh langsing ideal sesuai dengan apa yang diinginkan penggunanya. Tapi apakah efektif?

Meskipun manfaat korset masih dipercaya hingga saat ini, tapi tak menutup kemungkinan juga adanya efek samping dari penggunaan korset yang mungkin bisa membahayakan kesehatan Anda. Jadi, sebelum Anda menggunakan korset sebagai alat pelangsing, sebaiknya Anda membaca pengetahuan dulu mengenai korset.

Memang, sejak abad ke-19 standar cantik wanita adalah memiliki tubuh langsing layaknya jam pasir atau banyak orang yang mengatakan dengan gitar Spanyol. Mereka mematok kecantikannya berdasarkan ukuran pinggang. Jika ukuran pinggangnya sempit, maka dia bisa dinilai cantik dan memiliki tubuh yang ideal.

Tentu saja untuk memiliki tubuh yang ideal, harus memanfaatkan fungsi dari korset tersebut. Mengesampingkan efek samping memakai korset, mereka memakainya hampir setiap hari demi memenuhi tubuh ideal yang diinginkan. Namun, efek samping tersebut jangan pernah diabaikan. Terutama bagi ibu-ibu yang baru melahirkan, penggunaan korset, harus sesuai dengan saran dokter.

Baca Juga: Cara Menggunakan Korset Yang Baik dan Benar

Kebanyakan dari mereka yang baru melahirkan memang menginginkan memiliki tubuh yang ideal. Tapi, ketahui juga efek samping dari menggunakan korsetbagi ibu yang baru melahirkan. Berikut di bawah ini akan dijelaskan serba-serbi mengenai korset sebagai pengetahuan Anda dalam pemilihan dan penggunaan korset yang benar.

Ketahui Dulu Jenis-jenis Korset yang Dijual di Pasaran

Banyak dari orang awam, bahwa korset hanya 1 jenis saja yang biasanya dipakai di perut. Padahal, ada banyak jenis korset yang dijual di pasaran dan semuanya sangat diminati bagi kaum hawa yang menginginkan tubuh yang ideal. Karena manfaatnya itu banyak, mengesampingkan dari efek negatifnya, mereka masih menilai tinggi manfaat dari korset tersebut.

Bagi yang belum tahu, sebelum kita membahas mengenai manfaat dan efek samping memakai korset. Maka ada baiknya ketahui dulu jenis-jenis korsetnya, agar Anda bisa memakainya sesuai dengan jenis korset tersebut :

1. Korset Lengan

Semakin canggihnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, selain di perut, lengan juga memiliki korset yang khusus digunakan untuk menghilangkan lengan yang bergelembir.

Korset ini memang sangat cocok bagi wanita yang tidak menginginkan lengan yang besar dan bergelambir. Pemakaian secara teratur dan mengatur pola hidup yang baik, akan menampilkan lengan yang indah sesuai harapan Anda.

2. Korset Ibu Hamil Tua

Selain korset yang khusus bagi ibu yang baru saja melahirkan, ternyata manfaat menggunakan korset juga bisa untuk ibu hamil tua. Ketika hamil tua, kondisi perut memang besar dan jatu,h sehingga sangat berat untuk melakukan kegiatan sehari-hari. Dengan korset tersebut, ibu hamil tua bisa diringkankan beban dari perutnya itu dan mudah melakukan kegiatan.

3. Korset Pengecil Paha

Biasanya untuk korset model ini sejenis celana dalam yang menutupi paha Anda. Korset ini sangat bagus bila dipakai selama seharian melakukan kegiatan yang melibatkan gerak fisik.

4. Korset Pembakar Lemak

Korset ini yang paling sering dicari oleh kaum hawa karena mampun mengecilkan betis, lengan, paha dan juga perut. Selain itu, korset jenis ini juga bisa menaikkan dada dan pantat agar terlihat lebih seksi. Intinya, untuk korset ini sangat membantu mengencangkan setiap anggota tubuh untuk menciptakan tubuh yang ideal.

Manfaat Menggunakan Korset Bagi Wanita dan Ibu Hamil

Dilihat dari jenis-jenis korset, tentu saja akan memberikan manfaat tersendiri dari pemakaiannya. Namun, apa manfaat secara umum dari korset tersebut? Berikut adalah beberapa manfaat memakai korset dalam kehidupan sehari-hari bagi wanita selain untuk berdiet :

  1. Anda jika duduk atau berdiri sering membungkuk sehingga postur tubuh Anda tidak bagus? Dengan menggunakan korset, akan memperbaiki postur tubuh yang kurang bagus. Dengan pemakaian yang teratur, akan memberikan efek bagus pada postur tubuh Anda untuk bisa berdiri tegap.
  2. Apalagi yang baru saja terjadi kecelakaan dan mengalami patah tulang pada bagian tubuh, pemakaian korset sangat dibutuhkan.
  3. Jika Anda sering migrain dan sakit kepala, kemungkinan ada syaraf dari tulang belakang yang kontraksi. Selain ada efek samping menggunakan korset, ternyata dengan korset ini penyakit migrain dan sakit kepala bisa teratasi. Sebab dengan memakai korset dapat meringankan kontraksi pada syaraf dan tulang belakang.
  4. Mengurangi kram saat menstruasi, karena dengan korset yang menekan perut akan memberikan kekuatan pada perut yang berkontraksi pada uterus. Anda juga bisa membalurkan minyak angin untuk menghangatkan perut sebelum dipakai korset.

Sementara itu, jika korset dipakai untuk ibu hamil yang sudah memasuki trimester 3 akan sangat berguna. Karena pada saat sudah memasuki trimester ketiga, nyeri punggung dan bagian bawah punggung akan terasa nyeri karena beberapa faktor dari kehamilan tersebut.

Baca Juga: Bolehkah Tidur Menggunakan Korset? Ini Penjelasan dari Sudut Kesehatan

Selain itu, jika penggunaan korset yang dipakai secara rutin selama masa kehamilan, maka akan memperbaiki postur karena dapat mencegah adanya tekanan berlebih pada punggung bagian bawah.

Mitos atau Fakta Jika Korset Mampu Melangsingkan Tubuh?

jika berbicara mengenai korset, pastinya tidak jauh-jauh untuk membahas mengenai tubuh yang langsing. Memang, fungsi atau manfaat menggunakan korset bisa melangsingkan tubuh dan mendapat tubuh yang ideal. Namun, ada yang menyatakan jika hal tersebut salah besar. Pada dasarnya, korset yang dipakai dari perut ke pinggang digunakan hanya untuk menahan rasa lapar kita.

Hal itu dikarenakan lingkar pinggang yang dipersempit sehingga rasa lapar kita yang begitu besar, bisa dikurangi dengan adanya korset. Dengan adanya korset, Anda tidak bebas makan apapun karena jika perut membuncit, Anda pun akan merasa begah dan pengap karena perut yang membuncit akibat banyak makan.

Memakai korset, tidak otomatis Anda bisa kurus karena korset di sini fungsinya hanya membatasi makan berlebihan. Namun ketika korset dilepas dan Anda tidak bisa mengontrol makanan, maka diet Anda pun tak berhasil. Sebenarnya menggunakan korset secara rutin tidaklah masalah.

Karena itu akan mempengaruhi pola pikir Anda bahwa, pemakaian korset akan menjadi pengingat untuk memperoleh ukuran tubuh yang diinginkan dengan melakukan berbagai cara hingga berhasil. Jadi, melangsingkan tubuh dengan korset, berhasil bila berasal dari diri Anda sendiri.

Efek Samping Menggunakan Korset Tanpa Aturan

Meskipun memakai korset itu banyak keuntungannya, namun itu juga memiliki efek samping yang berbahaya bila dipakai terus menerus tanpa aturan. Salah satunya seperti dislokasi tulang karena korset yang terlalu kencang. Selain itu juga menyebabkan beberapa maslah kesehatan yaitu :

  • Refluks asam
  • Sulit bernapas karena kencang
  • Memar yang ada di kulit
  • Iritasi kulit
  • Dan mati rasa

Jadi, sebaiknya Anda menggunakan korset harus sesuai dengan aturan yang ada. Menginginkan tubuh yang ideal dan merasakan manfaatnya, harus ada kontrolnya. Itulah informasi seputar manfaat dan efek samping memakai korset, semoga Anda bisa bijak memakainya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *