Manfaat Jahe untuk Menurunkan Berat Badan dengan Cepat dan Alami

Jahe merupakan tanaman obat dan rempah berupa tumbuhan rumpun berbatang semu dan merupakan rimpang dari tanaman bernama ilmiah Zingiber officinale Rosc. Jahe berasal dari Asia Pasifik yang tersebar dari India sampai Cina. Oleh karena itu kedua bangsa ini disebut-sebut sebagai bangsa yang pertama kali memanfaatkan jahe terutama sebagai bahan minuman, bumbu masak dan obat-obatan tradisional.

Di samping mujarab dan ampuh untuk mengobati berbagai keluhan penyakit, tanpa kita sadari ternyata jahe juga dipercaya dapat membantu menurunkan berat badan. Penasaran kan? Baca selengkapnya di artikel ini.

Di samping mujarab dan ampuh untuk mengobati berbagai keluhan penyakit, tanpa kita sadari ternyata jahe juga dipercaya dapat membantu menurunkan berat badan. Penasaran kan? Baca selengkapnya di artikel ini.

Pada sebuah studi yang dilakukan para pakar dari Institute for Human Nutrition di Columbia University diketahui bahwa dengan mengonsumsi jahe panas untuk menu diet dapat membuat kita merasa lebih lama kenyang.

Dan hasilnya, kita cenderung untuk tidak mengonsumsi makanan yang berlebih.

Apa yang membuat jahe dapat membantu diet? Hal ini disebabkan oleh efek thermal pada jahe yang dapat memperkuat metabolisme sebagai detoksifikasi dan meningkatkan proses pembarakan lemak. Efek thermal sendiri adalah, kemampuan tubuh yang berguna untuk membakar lemak dan mengolahnya menjadi energi. Jadi pada dasarnya efek thermal sangat berperan penting, karena semakin banyak energi yang digunakan untuk memproses makanan, maka semakin banyak pula kalori yang terbakar. Dengan kata lain, mengonsumsi makanan yang dapat meningkatkan efek thermal maka sama saja dengan melakukan olahraga selama dua jam.

Jahe memiliki banyak manfaat tidak hanya untuk membuat makanan terasa pedas, tapi juga bisa mengurangi peradangan dalam tubuh Anda. Selain itu, rebusan air jahe juga bisa digunakan untuk menurunkan berat badan.

Bagaimana caranya? Rebus dua cangkir air. Hancurkan satu ruas jahe sehingga menjadi pasta halus. Masukkan ke rebusan air yang sudah mendidih. Biarkan selama 15-20 menit di atas api sedang. Setelah mendidih, angkat dan siap untuk diminum. Tapi ingat, minum air jahe di pagi hari setelah bangun tidur. Jika ingin minum di sore hari, masukkan ke dalam termos panas. Hindari minum air jahe ini sebelum dan setelah makan siang. Jahe dapat menekan nafsu makan Anda. Ada sederet manfaat air jahe selain untuk menurunkan berat badan seperti berikut ini.

Manfaat jahe untuk meningkatkan sistem metabolisme tubuh bisa membantu menurunkan berat badan dan membakar lemak di dalam tubuh.

Namun demikian, rajin berolahraga dan mengatur pola makan tetap menjadi cara yang paling baik untuk membakar lemak dan menurunkan berat badan.

Pada sebuah studi yang dilakukan para pakar dari Institute for Human Nutrition di Columbia University diketahui bahwa dengan mengonsumsi jahe panas untuk menu diet dapat membuat kita merasa lebih lama kenyang.

Dan hasilnya, kita cenderung untuk tidak mengonsumsi makanan yang berlebih.

Namun tidak hanya itu, banyak ditemukan fakta mengejutkan lainnya bahwa jahe dapat membantu kita menekan nafsu makan. Hal ini dikarenakan jahe bisa meningkatkan sistem metabolisme tubuh dan membakar kalori berlebih.

Baca Juga: 9 Cara Melangsingkan Badan Secara Alami dan Cepat Tanpa Olahraga

Ada fakta baru dari sebuah kajian yang dikeluarkan dalam Annals of New York Academy of Sciences, meneliti sekitar 60 temuan penelitian sebelumnya yang dilakukan di dalam kultur sel, hewan percobaan, dan juga manusia.

Secara keseluruhan hasil dari penelitian tersebut mengungkapkan bahwa jahe & berbagai senyawa yang ada di dalamnya mampu memberi efek yang menguntungkan terhadap kegemukan, penyakit jantung dan diabetes.

Namun tidak hanya itu, ternyata jahe juga telah terbukti bisa menghambat stres oksidatif atau bentuk penuaan seluler, mempunyai sifat anti inflamasi, mampu menurunkan kadar kolesterol dan juga tekanan darah.

Bahkan ampuhnya, jahe juga bisa mengurangi aterosklerosis, yaitu menumpuknya lemak yang berbahaya di dalam pembuluh darah arteri. Di dalam penelitian tersebut, diterangkan bahwa bagaimana rempah jahe juga berperan dalam pembakaran lemak, produksi insulin dan pencernaan karbohidrat.

Saat dicoba kepada tikus, jahe telah terbukti bisa mengurangi berat badan dan juga peradangan sistemik secara drastis atau signifikan, mengurangi kolesterol & gula darah, dan juga melindungi dari pengaruh berbahaya penyakit hati non alkohol.

Itulah tadi manfaat air jahe seskipun demikian, sampai hari ini para peneliti masih juga belum paham bagaimana formula dan dosis yang pas untuk mendapatkan faedah dari jahe untuk menurunkan berat badan.

Jika anda ingin lebih cepat lagi mencapai hasil memuaskan dalam diet Anda dengan cara yang mudah dan tetap enjoy, Anda bisa melengkapi program diet Anda dengan rutin konsumsi kopi hijau atau green coffee.

 >> Anda bisa dapatkan kopi hijau terbaik dari Berkah Green Coffee disini.

Categories: Tips & Informasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *