Jika Anda memiliki golongan darah A dan menderita diabetes, hipotiroidisme, gangguan obsesif-kompulsif atau kelebihan berat badan, naturopath Peter D’Adamo mengatakan bahwa Anda mungkin mengonsumsi makanan yang tidak kompatibel dengan golongan darah Anda. Dalam bukunya, “Eat Right 4 Your Type,” D’Adamo mengklaim bahwa orang-orang dengan darah tipe A adalah keturunan dari petani Asia dan Timur Tengah kuno. Dengan mengikuti diet yang mencerminkan apa yang dimakan nenek moyang mereka, D’Adamo mengatakan individu tipe A akan lebih sehat dan kurus.

Diet Golongan Darah dikritik oleh sebagian besar ahli kesehatan, termasuk ahli gizi Mayo Clinic Katherine Zeratsky, yang mengatakan bahwa rencana tersebut tidak didasarkan pada bukti ilmiah dan mendorong pengikut untuk menghilangkan makanan bergizi dari makanan mereka. Bicarakan dengan dokter Anda sebelum memulai diet Golongan Darah.

Daging, Unggas, dan Makanan Laut

D’Adamo merekomendasikan bahwa orang-orang dengan darah tipe A makan banyak ikan, termasuk ikan salmon, ikan laut atau ikan rainbow trout, ikan kakap merah, ikan cod dan mackerel. Ayam dan unggas bisa dimakan hingga dua kali seminggu, tetapi D’Adamo mengatakan untuk menghindari semua daging sapi, daging babi, daging binatang dan kerang.

Baca Juga: Menu Diet Sehat Golongan Darah B untuk Menurunkan Berat Badan

Produk Susu dan TelurTipe A individu mengikuti diet Golongan Darah diperintahkan untuk menghindari semua produk susu dan telur. Jika Anda membutuhkan pengganti, gunakan nasi atau susu kedelai. Beberapa orang tipe A mungkin bisa sesekali makan yogurt, keju kambing atau kefir tanpa mengalami masalah kesehatan, kata D’Adamo.

Buah-buahan dan Sayur-sayuran

Orang-orang tipe A harus makan berbagai macam buah-buahan dan sayuran organik segar sejak, menurut teori di balik diet Golongan Darah, inilah yang terutama dimakan nenek moyang mereka. Pilihan sayuran terbaik termasuk artichoke, bawang, brokoli, okra, lobak dan sayuran hijau seperti bayam, kale, collard hijau dan escarole. Blueberry, ceri, buah ara, nanas, buah prem dan jeruk bali adalah buah-buahan terbaik. Orang tipe A diberi tahu bahwa mereka dapat mengonsumsi asparagus, mentimun, alpukat, bit, stroberi dan apel beberapa kali seminggu, tetapi harus menghindari pisang, jeruk, kubis, terong, tomat, dan kentang.

Biji-bijian

Menurut pedoman diet Golongan Darah, biji-bijian yang paling bermanfaat untuk orang-orang dengan golongan darah tipe A termasuk gandum bertunas, sereal seperti kasha, soba atau amaranth dan beras, oat atau tepung gandum. Semua jenis tepung putih atau gandum harus dihindari, bersama dengan pasta semolina. Beras, jelai, jagung, couscous, quinoa dan millet baik-baik saja untuk dimakan satu atau dua kali seminggu.

Kacang, Biji, Kacang, dan Kacang-kacangan

Biji labu dan kacang tanah baik untuk golongan darah A individu, kata D’Adamo, seperti kacang dan kacang-kacangan seperti lentil, kacang polong bermata hitam, kacang kedelai merah, kacang hitam dan kacang pinto. Orang tipe A diperingatkan untuk menghindari pistachio, kacang mete dan kacang-kacangan seperti navy, merah, garbanzo atau kacang merah.

Lemak dan Bumbu

Orang dengan golongan darah A disarankan untuk menggunakan minyak zaitun dan biji rami untuk makan dan memasak, meskipun ikan cod dan minyak canola juga dapat digunakan sesekali. Kecap, miso, jahe, bawang putih, mustard dan tamari dianggap sebagai bumbu yang bermanfaat. Acar, saus salad dan selai atau jeli yang disiapkan dari buah-buahan yang dapat diterima baik-baik saja dalam jumlah sedang, tetapi orang-orang tipe A diinstruksikan untuk menghindari semua cuka, saus tomat, mayones dan lada serta minyak jagung, kacang, wijen dan minyak safflower.

Categories: Tips & Informasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *