Mereka dengan golongan darah AB memiliki fisiologi unik yang mewarisi karakteristik dari darah tipe A dan fisiologi darah Tipe B. Ini berarti mereka menghadapi beberapa tantangan khusus dalam merawat tubuh mereka dengan benar dan makan dengan benar. Sementara mereka dengan golongan darah tipe A umumnya lebih baik tanpa daging, dan mereka yang memiliki darah tipe B dianjurkan untuk memasukkan daging dalam makanan mereka, mereka yang memiliki darah golongan darah AB terjebak di suatu tempat di antara keduanya.

Jika Anda memiliki golongan darah AB, salah satu prinsip utama diet Anda adalah moderasi. Daging diperlukan tetapi pencernaan Anda tidak akan dapat menangani terlalu banyak. Banyak biji-bijian menyediakan energi dan nutrisi yang dibutuhkan tetapi terlalu banyak mengonsumsi akan menyeimbangkan pH tubuh Anda. Penting juga untuk menjauh dari makanan yang tidak sesuai atau berbahaya bagi fisiologi golongan darah AB. Di bawah ini adalah bagan yang akan membantu Anda membuat pilihan yang tepat untuk diet golongan darah tipe AB yang tepat.

Makanan yang Dihindari

Jika kamu adalah golongan darah AB maka kamu berarti tidak memiliki asam lambung yang cukup untuk mencerna makanan dari protein hewan.

Maka dari itu hindari makanan-makanan seperti daging ayam dan sapi. Khusus daging ayam jika dikonsumsi golongan darah AB dalam jumlah banyak akan cukup berbahaya. Pasalnya daging ayam bisa memunculkan penyakit autoimun.

Selain daging hindari juga berbagai produk susu. Bagi golongan darah AB mereka rentan kelebihan lendir. Maka tak heran jika biasanya golongan darah AB menderita sinus dan infeksi telinga.

Dianjurkan agar golongan darah AB menghindari berbagai produk olahan susu seperti mentega, keju, es krim, termasuk susu murni itu sendiri.

Golongan darah AB sebaiknya menghindari beberapa jenis kacang dan biji-bijian seperti hazelnut, biji labu, biji bunga matahari, dan wijen.

Meski hampir semua jenis buah baik untuk golongan darah AB, namun ada beberapa jenis buah yang sebaiknya dihindari seperti mangga, pisang, alpukat, kelapa, belimbing dan jambu.

Jeruk adalah buah yang sebaiknya benar-benar dijauhi karena bisa mengiritasi lambung.

Makanan yang Dianjurkan

Meski beberapa daging dilarang bagi golongan darah AB, ada beberapa daging yang dianjurkan. Jadi jangan khawatir kamu yang memiliki golongan darah AB bakal dilarang sama sekali makan daging.

Daging-daging seperti daging kelinci, ayam kalkun dan domba cukup baik dikonsumsi oleh golongan darah AB. Produk turunan dari kambing pun bagus seperti susu kambing, keju dari susu kambing, dan yogurt.

Protein lain yang bisa golongan darah AB makan adalah tahu karena dapat membantu metabolisme tubuh bekerja lebih efisien dan gerakan usus meningkat.

Buah nanas juga baik dimakan karena membantu pencernaan dan meningkatkan gerakan usus. Untuk tujuan penurunan berat badan, AB harus menghindari gandum dan susu agar metabolisme bisa efisien.

Menu Tanpa Efek

Meski ada pantangan dan anjuran ada juga menu makanan yang kalau dimakan tidak akan menimbulkan efek.Beberapa makanan seperti aneka Cumi-cumi, ikan mas, kacang sayuran buncis, kacang merah, aneka roti beras, daun bayam, brokoli, selada boleh dikonsumsi.

Termasuk buah mentimun, labu, kentang, sayuran sawi, melon, buah jeruk, buah pir, buah kurma, buah jambu biji, buah mangga, tepung beras biasa, ikan Laut tuna juga boleh dikonsumsi.

Baca Juga: Menu Diet Sehat Golongan Darah A untuk Menurunkan Berat Badan

Categories: Tips & Informasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *