Obesitas dan kegemukan adalah masalah kesehatan yang rumit untuk ditangani. Obesitas dihasilkan dari kombinasi penyebab dan faktor yang berkontribusi, termasuk faktor individu seperti perilaku dan genetika. Perilaku dapat mencakup pola diet, aktivitas fisik, tidak aktif, penggunaan obat-obatan, dan eksposur lainnya. Faktor kontribusi tambahan dalam masyarakat kita termasuk lingkungan makanan dan aktivitas fisik, pendidikan dan keterampilan, serta pemasaran dan promosi makanan.

Obesitas adalah masalah serius karena berhubungan dengan hasil kesehatan mental yang lebih buruk, kualitas hidup berkurang, dan penyebab utama kematian di AS dan di seluruh dunia, termasuk diabetes, penyakit jantung, stroke, dan beberapa jenis kanker.

Anda harus mengenali faktor-faktor yang membuat berat badan bertambah dari sisi medis. Berikut ini beberapa hal yang bisa membuat berat badan Anda kian bertambah. 

1. Menyalakan Air Conditioner (AC)

Buat kamu yang sering menyalakan AC atau betah berlama-lama di dalam ruangan ber-AC, maka kamu bias saja berpotensi mengalami kegemukan. Dilansir dari My Health News Daily, saat tinggal terus-terusan di suhu yang nyaman, tubuh tak perlu bekerja untuk mendinginkan atau menghangatkan badan. Berdasarkan hasil penelitian yang diterbitkan oleh International Journal of Obesity daerah selatan Amerika Serikat memiliki populasi obesitas paling tinggi diantara negara bagian amerika lainnya. Dari penelitan tersebut diketahui rata-rata rumah di kawasan tersebut menggunakan AC dan tiap tahunnya meningkat dari 37% – 79%. Kebiasaan penduduk menggunakan AC adalah agar berada pada suhu yang nyaman, padahal saat tinggal terus menerus dalam suhu yang nyaman inilah tubuh tidak perlu bekerja mendinginkan atau menghangatkan tubuh. Akibatnya lemak yang harusnya terbakar oleh aktifitas akhirnya tertimbun dalam tubuh terutama pada bagian perut. Apalagi dengan suasana nyaman itu orang akan lebih merasa nikmat menyantap apapun. Jadi bagi Anda yang selalu berada dalam ruangan ber AC  harus berhati-hati dan jangan lupa untuk diimbangi dengan olahraga agar tubuh Anda tetap bergerak dan membakar lemak.  

2. Kurang Tidur

Penelitian yang dipublikasikan dalam American Journal of Clinical Nutrition menyebutkan bahwa orang yang kurang tidur tubuhnya membakar kalori 5 persen lebih sedikit dibandingkan mereka yang cukup tidur. Selain itu pengeluaran energi pasca makan juga 20 persen lebih sedikit. Disaat bersamaan, kurang tidur akan menambah rasa lapar dan berujung pada peningkatan rasa lapar.

Baca Juga: Cara Menurunkan Berat Badan dengan Air Putih Hangat yang Benar

Dan yang lebih penting kurang tidur akan membuat tubuh terasa lelah dan lemas akibatnya aktifitas fisik yang seharusnya dilakuakan siang hari menjadi berkurang. Padahal aktifitas siang hari akan membuat pembakaran lemak lebih maksimal. Sebaliknya karena aktifitas berkurang termasuk olah raga pastinya akan memicu berat badan naik lebih cepat. Jadi jika tidak penting untuk begadang, lebih baik hindari saja

3. Menyalakan lampu saat tidur

Menyalakan lampu saat tidur di malam hari tidak pernah kita sadari. Padalah dampaknya cukup mengejutkan juga. Ketika Anda tidur dalam keadaan lampu menyala berpotensi membuat Anda sering terbangun . Disaat itulah situasi lain muncul dan tidak pernah Anda sadari. Ketika terbangun seringkali membuat perut Anda menjadi terasa lebih lapar. Dalam Kondisi terebut melanjutkan tidurpun akan menjadi sulit.

Menyantap makanan yang ada di dapur atau memanfaatkan cemilan yang ada dianggap sebagai solusi menghilangkan rasa lapar agar secepatnya bisa tidur. Padahal ketika menyantap makanan atau cemilan pengganjal lapar itulah potensi kegemukan datang. Makanan atau cemilan yang disantap dan melanjutkan tidur akan membuat lemak tidak terurai, karena kita tidak segera melanjutkan aktifitas yang bisa membakar lemak dalam tubuh.

4. Polusi

Dari hasil sebuah studi yang ditulis “Critical Review in Food Science and Nutrition” polusi bisa mempengaruhi metabolisme tubuh terutama yang bisa melakukan pembakaran lemak tak sehat dalam tubuh kita. Beberapa diantara polusi yang bisa menggangu metabolisme tubuh adalah zat kimia yang terdapat pada plastik, sisa pembakaran sampah, zat yang terdapat dalam pestisida dan polusi lainnya. 

Sebagai antisipasinya diupayakan agar aktifitas kita jauh dari polusi tadi. Jika memungkinkan hindari makanan yang dalam pertumbuhannya dibantu pestisida atau yang direbus dalam plastik. Langkah terakhir adalah kenali tumbuhan-tumbuhan penetralisir polusi di sekitar kita dan gunakan tumbuhan tersebut untuk menghilangkan polusi di sekitar kita.

Itulah beberapa hal yang bisa membuat kita mengalami kegemukan di luar faktor dari makan berlebihan. Satu hal yang perlu kita sadari adalah tetap memperhatikan pola hidup sehat, seperti memilih makanan, tidur yang cukup dan olah raga teratur, InsyaAllah Anda akan sehat dan memiliki penampilan memikat. Semoga bermanfaat.

Jika anda terlanjur gemuk dan ingin lebih cepat lagi mencapai hasil memuaskan dalam diet Anda dengan cara yang mudah dan tetap enjoy, Anda bisa melengkapi program diet Anda dengan rutin konsumsi kopi hijau atau green coffee.

>> Anda bisa dapatkan kopi hijau terbaik dari Berkah Green Coffee disini.

Categories: Tips & Informasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *