Ternyata Ini Penyebab Perut Buncit dan Cara Mengatasinya

By | 24 Agustus 2019

Penyebab perut buncit memang banyak disebutkan oleh beberapa kalangan, namun masih belum ditemukan kejelasannya. Ada banyak sekali faktor yang mungkin sudah pernah Anda dengarkan sebelumnya, misalnya karena banyak minum es. Ternyata ada banyak faktor lain yang tidak disebutkan dan banyak yang menyadari akan hal ini.

Keadaan perut buncit memang tidak akan membuat siapa saja merasa percaya diri, apalagi mereka yang memiliki postur tubuh kurus. Seharusnya, dengan keadaan tubuh kurus itu tidak ada yang namanya perut buncit. Hal ini dikarenakan keadaan lemak di perut yang tertimbun bisa karena faktor keturunan atau faktor lainnya. Untuk mengetahuinya, Anda harus mencari tau terlebih dahulu penyebabnya apa.

Namun taukah Anda bahwa keadaan perut buncit ini juga bisa menyebabkan penyakit berbahaya lainnya. Seperti misalnya diabetes, kanker, dan juga penyakit jantung. Sudah banyak sekali penelitian yang menebak hal ini akan terjadi. Maka dari itu, keadaa perut buncit harusnya tidak Anda biarkan dan langsung cari tau apa saja yang menjadi penyebab kenapa seseorang memiliki perut buncit.

Ini Dia Penyebab Perut Buncit Yang Tidak Banyak Diketahui

Daripada mengulang kesalahan yang sudah terjadi pada orang terdahulu, ada baiknya Anda mencegah hal tersebut agar tidak terjadi. Berikut ini ada beberapa yang menyebabkan perut buncit yang mungkin terjadi pada Anda yang memiliki perut buncit.

1. Faktor hormon dan usia

Setiap orang dengan tubuh yang berbeda ini ternyata memiliki tempat penyimpanan yang berbeda. Untuk tempat penyimpanan pria, jaringan sebagai tempat penampungan lemak itu biasa di bagian perut dan pinggang. Untuk wanita, lemak akan tertimbun di bagian pinggul dan paha. Sehingga, seiring dengan bertambanya usia maka untuk kalangan pria lebih rentan menimbun lemak di perut.

2. Stres

Penemuan ini bisa dikatakan cukup menarik, karena dengan merasakan stres Anda bisa mengalami yang namanya perut buncit. Biasanya, dengan keadaan stres Anda akan mengkonsumsi makanan lebih banyak sehingga lemak yang tertimbu juga lebih tinggi. Untuk itu, jika Anda dalam keadaan stres dan tidak ingin mengalami salah satu penyebab perut buncit, lebih baik hindari makanan berbahaya berikut.

3. Malas berolahraga

Ini yang paling sering terjadi, dimana ketika Anda memiliki berat badan yang tidak terlalu seberapa namun malas berolahraga. Tidak heran jika kebanyakan dari mereka itu akan mengalami yang namanya perut buncit. Baik perempuan maupun kalangan lelaki, sangat disarankan untuk melakukan olahraga yang bisa menurunkan lemak di bagian perut.

4. Konsumsi alkohol

Ini sudah banyak sekali dibuktikan oleh sebagian besar kalangan, jika Anda minum alkohol bisa menyebabkan perut buncit. Hanya dalam jangka waktu semalam saja jika Anda minum alkohol bisa langsung perut Anda menjadi buncit. Sebisa mungkin Anda bisa menghindari yang namanya alkohol karena tidak baik juga untuk kesehatan tubuh.

Baca Juga: Pilihan Makanan Untuk Menurunkan Berat Badan Berlebih

Selain beberapa penyebab perut buncit yang sudah disebutkan di atas, ternyata masih banyak lagi penyebab lain yang bisa Anda cari tahu. Pastikan untuk mendapatkan informasi yang akurat, karena ada banyak sekali tulisan yang hanya sekedar argumen orang lain saja.

Apa Saja Masalah Kesehatan Yang Bisa Disebabkan Oleh Perut Buncit?

Siapa bilang faktor perut buncit yang terjadi pada setiap dari kita tidak memiliki risiko kesehatan yang berbahaya? Ternyata, ada beberapa masalah kesehatan yang bisa ditimbulkan karena perut buncit yang akan dibahas di bawah ini.

1. Kolesterol tinggi

Penyakit ini banyak dari kebanyakan kalangan dianggap biasa saja dan tidak berbahaya. Padahal, dengan terserangnya penyakit kolesterol ini ternyata juga bisa menyebabkan penyakit mematikan lain seperti darah tinggi dan sebagainya. Bagi Anda yang memiliki masalah perut buncit, jangan menganggap remeh karena lemak di perut letaknya dekat dengan pembuluh darah dan kemudian terhubung langsung ke usus dan hati.

2. Tekanan darah tinggi

Ada penelitian baru yang menyebutkan bahwa penyakit darah tinggi ini bisa terjadi, karena seseorang yang memiliki perut buncit. Dengan naiknya darah tinggi ternyata bisa disebabkan karena lemak yang tersimpan di dekat organ tubuh. Maka, memulai diet dan fokus mengecilkan bagian perut juga bisa dilakukan sebagai pencegahan penyakit lain seperti darah tinggi dan lainnya.

3. Diabetes

Siapa sangka bahwa dengan memiliki perut buncit dengan adanya timbunan lemak, ternyata dapat menyebabkan penyakit diabetes. Lemak di bagian perut ternyata dapat mensekresi senyawa protein yang ada di dalam tubuh yang disebut retinol-binding 4 (RBP4). Resistensi ini dipercaya sebagai awal mula dari seseorang terkena penyakit diabetes. Ditandai dengan sel tubuh yang tidak dapat merespon insulin dengan baik, yang mana seharusnya kadar gula di badan meningkat.

Masih ada beberapa jenis penyakit lainnya yang mungkin menyerang Anda karena faktor perut buncit.

Tips Mengecilkan Perut Buncit, Begini!

Ada banyak cara sebenarnya yang bisa dilakukan agar perut buncit bisa teratasi dan tidak lagi mengganggu penampilan. Sebagai catatan yang harus Anda ketahui bahwa sebenarnya perut buncit ini merupakan gangguan yang dirasakan oleh kebanyakan orang. Ada cara yang bisa Anda lakukan sebagai solusi untuk mengecilkan perut buncit yang jelek tersebut.

Berikut ini ada beberapa cara sederhana yang bisa Anda coba agar perut buncit bisa teratasi atau yang menyebabkan perut buncit, yaitu:

1. Olahraga teratur

Tidak hanya sekedar melakukan olahraga saja, Anda diharuskan untuk melakukan olahraga khusus untuk mengecilkan bagian perut. Seperti halnya sit up dan juga olahraga yang memfokuskan pada beberapa area penting yang ingin dikecilkan. Jangan sampai Anda melakukan olahraga lari.

Baca Juga: Cara Mengecilkan Perut Buncit, Tanpa Obat Penghancur Lemak

2. Perhatikan asupan makanan

Untuk mendapatkan asupan makanan yang tepat dan teratur, ada baiknya Anda melakukan program diet. Dimana nanti keadaan makanan yang masuk ke dalam tubuh lebih teratur dan tidak salah.

3. Istirahat yang cukup

Mendapatkan istirahat cukup bukan berarti Anda harus tidur siang setiap hari, namun pastikan Anda bisa tidur nyeyak setiap malamnya. Untuk membantu proses ini pastikan juga Anda tidak mengkonsumsi makanan di atas jam 6 sore. Apalagi jika Anda langsung tidur di atas jam 10 malam, ini akan sangat berpegaruh faktor perut buncit.

Selain dari beberapa tips mengatasi perut buncit yang sudah dibahas di atas, masih banyak tips lain yang bisa Anda perhatikan.

Bagaimana Jika Perut Buncit Tidak Kunjung Kecil?

Mungkin beberapa dari Anda mempertanyakan hal ini, yang menyebabkan perut buncit yang sudah diatasi namun tidak kunjung mengempis. Ini semuanya butuh proses, maka pastikan diri Anda cukup bersabar dan konsisten dalam menjalaninya. Maka, coba mulai dengan mengurangi makanan dan minuman yang bisa menyebabkan perut buncit dalam waktu cepat.

Baca Juga: Cara Mengecilkan Perut Buncit, Tanpa Obat Penghancur Lemak

Jika Anda sering mendengar bahwa perut buncit ini karena minum es terlalu banyak, ternyata hal ini ada benarnya. Maka, dari sekarang Anda sudah bisa mencari tau makanan apa saja yang menyebabkan risiko perut buncit lebih besar. Memang sedikit sulit menemukan pemahaman penyebab perut buncit ini, namun tidak menutup kemungkinan bahwa Anda bisa mengecilkan perut buncit dengan cara pantang makanan yang bersangkutan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *