Perbedaan Kopi Hijau dengan Kopi Hitam

Kopi hijau dipercaya dapat menurunkan berat badan secara cepat. berkahgreencoffee.com : 0823-1776-6252 (SMS/WA)

Kopi merupakan salah satu jenis minuman yang paling tua, ribuan tahun yang lalu kopi sudah dijadikan minuman penghangat badan, sekaligus menjadi minuman yang digunakan untuk menunjukkan tingkatan kebangsawanan yang dimiliki. Seperti halnya cokelat, kopi yang berkualitas tinggi juga dulunya merupakan minuman khusus kalangan ningrat saja, dan masyarakat kalangan bawah hanya bisa menikmati kopi yang kualitasnya buruk.

Tetapi seiring dengan perkembangan zaman, seluruh masyarakat berhak untuk menyicipi aneka jenis kopi dengan berbagai aroma yang khas dan rasa yang nikmat. Bahkan kopi bukan lagi minuman yang hanya boleh dinikmati oleh orang gedean saja, seluruh lapisan masyarakat boleh menikmati kopi.

Kopi hitam adalah jenis kopi yang paling banyak dikenal oleh masyarakat, kemudian muncul berbagai variasi kopi hasil pengolahan yang beraneka macam dan ada juga yang memasukkan beberapa jenis bahan tambahan, menghasilkan kopi yang nikmat seperti capucinno, kopi moka, dan tentu saja kopi susu. Kemudian belakangan ini muncul white coffee, yakni kopi yang melalui proses pengolahan tertentu dan menghasilkan warna kopi yang cokelat terang dan tidak berwarna hitam seperti kopi kebanyakan.

Tapi tahukah anda, sebelum kopi hitam atau kopi biasa ditemukan ada jenis kopi lain yang menjadi idola masyarakat? Green coffee asli atau kopi hijau sudah menjadi minuman tradisional di Arab Saudi. Karena pada masa-masa awal penanaman massal kopi di Laut Merah, proses roasting untuk mendapatkan aroma yang lebih nikmat belum ditemukan, sehingga biji kopi langsung diseduh dan menghasilkan kopi yang terlihat seperti teh.
Dibandingkan dengan kopi hitam, rupanya kopi hijau juga memiliki manfaat kesehatan yang jauh lebih banyak. Salah satunya adalah mengontrol nafsu makan sehingga membantu proses diet menjadi lebih efektif (baca artikel cara menurunkan berat badan dengan green coffee). Selain khasiat untuk kesehatan, kedua jenis kopi ini juga memiliki perbedaan lainnya, seperti berikut ini:

– Kopi hitam mengalami proses roasting (pemanggangan dalam suhu yang sangat panas), sehingga menghilangkan kadar air yang ada dalam biji kopi. Tetapi sayangnya antioksidan dan zat-zat aktif lainnya juga ikut mengering, sehingga kopi hitam nyaris tak memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan.

– Kopi hijau atau green coffee tidak mengalami proses pembakaran, sehingga unsur alami di dalamnya masih utuh terjaga. Kandungan antioksidan asam klorogenat dan juga asam kafeat di dalamnya akan memberikan khasiat yang sangat menakjubkan untuk kecantikan kulit, diantaranya adalah menjaga kulit supaya tetap elastis, tetap lembut dan terhindar dari risiko penuaan dini akibat lingkungan yang terpapar polusi.

– Biji kopi hitam tidak bisa dikonsumsi langsung, melainkan harus melalui proses-proses tertentu seperti menggiling kopi sampai halus dengan alat khusus. Sementara itu, biji kopi hijau tidak perlu digiling terlebih dahulu untuk dikonsumsi, cukup mendidihkannya dengan dua gelas air dan biarkan menyusut, lalu diminum setelah hangat kuku.

– Green coffee dianjurkan untuk menjadi suplemen makanan saat diet menurunkan berat badan, sebab adanya chlorogenic acid yang fungsinya untuk mengontrol nafsu makan. Kopi hijau juga bisa dikonsumsi oleh penderita diabetes, asal dikonsumsi dengan takaran yang tepat dan tetap mengontrol kadar gula darah dalam tubuh. Berbeda dengan kopi hitam yang harus dihindari oleh penderita diabetes.

Untuk merasakan manfaat kopi hijau tak perlu susah-susah mengolahnya sendiri, sebab sekarang sudah banyak produk kopi hijau yang siap konsumsi. Ekstrak kopi hijau tersedia dalam bentuk kapsul, kaplet dan juga serbuk, akan tetapi ada juga green coffee Bean dalam bentuk biji utuh ukuran seperempat kilo, setengah kilo, dan satu kilo. Kopi hijau bisa didapatkan di toko-toko herbal terdekat atau pesan langsung melalui kami di website ini.

5/5 (4)

Please rate this

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *