Perbedaan Lemon dan Jeruk Nipis yang Sulit Diidentifikasi

By | 22 Agustus 2019

Tidak sedikit orang kerap dibingungkan oleh perbedaan lemon dan jeruk nipis sebagai bumbu dapur, apalagi bagi para pemula yang baru belajar masak. Padahal lemon dan jeruk nipis memiliki perbedaan dalam ukuran dan kalau lemonnya sudah berwarna kuning, perbedaan makin terlihat sangat kentara.

Sejatinya baik lemon ataupun jeruk nipis sama-sama memiliki kandungan vitamin c yang tinggi dan bagus untuk kesehatan. tidak hanya berperan sebagai penyedap masakan, namun kandungan pada lemon dan juga jeruk nipis dipercayai bisa membantu menurunkan berat badan dan detoks tubuh.

Perbedaan buah lemon dan jeruk nipis bisa Anda tentukan sekilas mata dari ukuran, di mana jeruk nipis memiliki ukuran lebih kecil daripada lemon. Lemon berukuran lebih besar dan bisa menguning, namun kandungan asam pada jeruk nipis jauh lebih kuat dibandingkan kandungan asam pada buah lemon.

Jeruk nipis merupakan buah asli asal Asia Tenggara yang masuk ke Benua Eropa dibawa oleh orang Arab. Sejak saat itu, jeruk nipis menyebar ke seluruh dunia dan dijadikan sebagai salah satu spesies buah asam. Jeruk nipis juga memiliki historis pengobatan terhadap seorang pelaut dari serangan kudis kulit.

Kala itu seorang pelaut sedang menjelajahi dunia melalui lautan dan berada di laut lepas dalam waktu tidak sebentar. Entah bagaimana caranya, pelaut itu membekali diri dengan persediaan jeruk nipis dengan tujuan menghindarkan penyakit kudis pada kulit. Hal itu terbukti ampuh untuk pencegahan.

Manfaat Lemon dan Jeruk Nipis

Perbedaan lemon dan jeruk nipis untuk diet tidak menghalangi manfaat yang nyaris sama dari buah tersebut. Seperti asupan vitamin c yang baik untuk membangkitkan tenaga dalam tubuh sama-sama dimiliki kedua buah asam tersebut. Tidak heran saat sariawan, Anda disarankan konsumsi dua buah ini.

Baca Juga: Diet Jeruk Nipis yang Bagus Untuk Kesehatan

Baik lemon dan jeruk nipis juga sama-sama memiliki kandungan yang baik untuk perut, apalagi bagi para penderita maag. Rasanya memang asam, namun asam alami yang dihasilkan dari kedua buah ini terbilang sebagai asam yang bagus untuk tubuh. Manfaat lemon dan jeruk nipis bagus bagi pencernaan.

Bagi para penderita hipertensi, sebaiknya mulai memikirkan untuk mengonsumsi air perasan jeruk nipis. Pasalnya kandungan kalium yang baik pada buah ini bisa mengatur irama detak jantung dan pengatur tekanan darah. Bagus untuk Anda yang memiliki riwayat hipertensi atau terancam terkena hipertensi.

Perbedaan lemon dan jeruk nipis lainnya juga tidak menghalangi kedua buah ini untuk menjadi buah anti kanker. Kandungan limonoid pada kedua buah tersebut terbukti menghalangi berbagai sebab kanker payudara, lambung, paru-paru, kulit, dan juga sebab kanker pada bagian penting, usus besar.

Kandungan Lemon dan Jeruk Nipis

Lemon dan jeruk nipis sama-sama memiliki kandungan yang baik untuk detoks tubuh, tidak heran kalau sekarang banyak produksi infused water dari kedua buah tersebut. Jika biasanya Anda menggunakan lemon dan jeruk nipis untuk melezatkan masakan, kali ini coba mulai gunakan dua buah ini untuk kecantikan.

Esensial lemon dan juga jeruk nipis dipercayai memiliki kandungan yang bagus untuk kulit wajah dan kesehatan tubuh. Sehingga, ketika mengonsumsi keduanya atau dijadikan masker, ada dua hal yang sekaligus Anda dapatkan. Manfaat itu ada di antara semua perbedaan buah lemon dan jeruk nipis.

Dalam berbagai hal, ada perbedaan kentara antara lemon dan jeruk nipis, akan tetapi keduanya sama-sama memiliki kandungan mikronutrien penting, seperti karbohidrat, protein, dan juga lemak. Berbagai kandungan tersebut merupakan kandungan yang amat dibutuhkan tubuh untuk menjaga kesehatan.

Perbedaan lemon dan jeruk nipis untuk diet bisa dilihat juga dari kandungan vitamin c yang memang lebih tinggi pada lemon. Bukan hanya itu, lemon juga mengandung gizi baik, seperti kalium, asam folat, dan b6. Rasa asam pada kedua buah tersebut kerap digunakan sebagai perasa asam alami pada salad.

Baca Juga: Inilah Cara Diet Lemon yang Benar dan Tepat

Lemon dan Jeruk Nipis untuk Kecantikan

Apakah Anda termasuk orang yang lebih menyukai bahan alami untuk mempercantik diri? Kalau demikian, menggunakan lemon atau jeruk nipis sebagai masker adalah pilihan yang tepat. Sebelumnya, kandungan baik pada lemon dan jeruk nipis ditengarai bisa menjadi obat anti kanker dan obat flu.

Adanya perbedaan lemon dan jeruk nipis sama sekali tidak menghalangi keduanya untuk menjadi sumber kecantikan. Pasalnya kedua buah tersebut sama-sama mengandung air, protein, serat, dan energi yang sama. Pada jeruk nipis, karbohidratnya lebih tinggi, pada lemon lemak dan gulanya tinggi.

Jenis kulit yang tepat diatasi oleh dua buah ini adalah kulit muka dengan tipe berjerawat dan berminyak. Kedua buah tersebut memiliki kandungan AHA atau asam alfa hidroksi tinggi yang bagus untuk mengikat minyak berlebih. Berbagai gangguan sel kulit mati bisa diangkat dengan sangat mudah dengan buah ini.

Kandungan baik dalam lemon dan juga jeruk nipis terbukti bagus untuk kesehatan kulit dengan banyaknya dikeluarkan produk kecantikan esensial lemon. Alih-alih membeli produk kecantikan yang sudah bercampur kimia, lebih baik memahami perbedaan buah lemon dan jeruk nipis sebagai masker.

Masker Wajah dari Lemon dan Jeruk Nipis

Kedua buah asam tersebut memiliki kandungan yang sama-sama baik untuk mempercantik kulit dengan cara alami, namun ada perbedaan cara penggunaan. Lebih tepatnya ada berbagai alternatif cara pemakaian sebagai masker. Seperti apa saja bedanya? Berikut berbagai penjelasan untuk diaplikasikan.

  • Lemon

Satu buah sejuta manfaat, itu yang sepertinya cocok untuk lemon. Buah asam ini bisa menjadi masker alami dengan cara diperas semaksimal mungkin. Jika sudah habis airnya, Anda bisa mencelupkan kapas pada air lemon dan diterapkan pada wajah Anda. Diamkan selama 10 menit dan bilas bersih wajah Anda.

  • Jeruk Nipis/Lemon dan Tomat

Mau pilih jeruk nipis atau lemon, terserah Anda. Jangan lupa untuk menambahkan air perasan tomat. Caranya, campurkan esensial tomat dengan jeruk nipis atau lemon sesuai selera. Basahi kapas dengan esensial tersebut, balurkan kepada wajah, terutama area jerawat dan minyak selama 15 menit lamanya.

  • Jeruk Nipis/Lemon, Bir, dan Putih Telur

Perbedaan buah lemon dan jeruk nipis untuk masker juga tidak ada bedanya sebab Anda bisa memilih antara keduanya untuk dipadukan dengan bir dan putih telur. Caranya, campurkan semua bahan di atas hingga membentuk pasta dan aplikasikan ke wajah kurang lebih selama 10 menit lalu bilas bersih wajah.

Baca Juga: Cara Menghitung Berat Badan Ideal Untuk Semua Orang

Perhitungan waktu untuk mendapatkan manfaat dari kedua buah di atas adalah sebuah kedisiplinan yang harus diaplikasikan. Waktu selama 10 sampai 15 menit saja sudah lebih dari cukup. Pasalnya, antara lemon dan jeruk nipis kalau diaplikasikan selama 20 menit akan menyebabkan iritasi serius.

Ada banyak kandungan manfaat baik dari lemon dan juga jeruk nipis, dimulai dari peranannya sebagai penyedap masakan, detoks tubuh, sampai dengan buah untuk kecantikan. Beragam manfaat tersebut terbukti menegaskan bahwa tidak ada perbedaan lemon dan jeruk nipis yang begitu besar sebagai satu spesies buah asam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *